Selamat Datang di Web ku

Selamat Datang di Web ku

Selasa, 22 November 2016

PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2

Materi Pembelajaran pada Buku Siswa Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun - Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah - Pembelajaran 1 - Berikut ini materi pembelajaran yang dapat dijadikan referensi, namun demikian guru harus tetap bisa memunculkan ide kreatifnya agar pembelajaran menjadi semakin sempurna dan memberikan pengalaman bagi siswanya.

HIDUP RUKUN - Kerukunan perlu dijaga dalam kehidupan kita. Dapatkah kamu menyebutkan contoh hidup rukun? Perhatikan beberapa gambar di bawah ini! Cermatilah gambar di atas dengan teliti! Ceritakan isi gambar itu kepada teman di sampingmu dengan bahasa lisan. Kamu boleh saling bercerita dengan menggunakan bahasa daerahmu.

Description: Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
Hidup Rukun di Rumah
Udin mempunyai kakak perempuan bernama Mutiara. Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan di rumah. Mereka saling membantu melakukan kegiatan di rumah. Misalnya, Udin membantu kakaknya merapikan buku. Mutiara membantu Udin membacakan buku cerita.

Perhatikan gambar Udin dan Mutiara yang sedang membaca buku bersama. Tuliskan pertanyaan dan jawaban tentang gambar tersebut dengan teliti!

Description: Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
Berikut ini adalah lagu tentang kakak dan adik. Nyanyikan lagu ini sesuai dengan ketukan biramanya
dengan penuh percaya diri!
Ruri Abangku - Ciptaan: A.T. Mahmud
Ruri adalah abangku
Rajin dan senang belajar
Dengan menyandang tas di bahu
Riang menuju sekolah

Bacalah syair lagu itu dengan nyaring! Bacalah dengan cara menirukan gurumu dengan teliti! Tahukah kamu arti abang? Abang adalah sebutan untuk kakak laki-laki di daerah tertentu. Apakah sebutan kakak laki-laki di daerahmu? Apakah sebutan kakak perempuan di daerahmu?

Udin dan Mutiara selalu menjaga kerukunan. Bagaimana mereka menjaga kerukunan? Simaklah teks buku harian Udin berikut!
1 Juli 2013
Hari ini aku sedih karena tindakanku menyebabkan buku kakak sobek. Aku tidak sengaja membuat buku itu sobek. Aku minta maaf kepada kakak. Untunglah kakak memaafkan aku.

Description: Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
1. Apa yang diceritakan di dalam buku harian itu?
2. Mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya?
3. Apakah kakaknya memaafkah Udin?
4. Apa yang terjadi seandainya Mutiara tidak memaafkan Udin?
5. Peragakan dan ucapkan permohonan maaf dengan santun!

Contoh peragaan dan ucapan permohonan maaf dengan santun!
Mohon maaf, ya, Kak. Saya tidak sengaja membuat buku ini sobek.
Tidak apa-apa, Dik. Kakak memaafkan kamu. Lain kali hati-hati, ya.

Description: Materi Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1
Buku yang sobek sudah direkat kembali oleh Mutiara. Buku tersebut dikembalikan ke rak buku. Mari kita pergi ke perpustakaan sekolah. Perhatikan susunan buku-buku di dalam rak.

Berapa jumlah buku-buku di dalam rak tersebut? Bagaimana agar kita lebih mudah menghitung jumlah buku tersebut? Misalnya kita kelompokkan buku-buku tersebut, masing-masing kelompok berisi 10 buku.

1 kelompok= 1 puluhan
5 puluhan sama dengan 50
Banyak buku ada 57.
Barisan rak yang lain berisi lebih banyak buku. Satu tumpukan berisi sepuluh buah buku. Ada sepuluh tumpukan buku. Artin
Artinya, rak buku itu berisi seratus buku.

Udin rajin menulis kegiatannya pada buku harian. Tulislah teks buku harian tentang kegiatanmu bersama anggota keluargamu yang lain pada hari ini dengan teliti! Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja anggota keluarga perempuan!

Tuliskan pada teks buku harianmu itu siapa saja anggota keluarga laki-laki! Ceritakan kebersamaan anggota keluarga perempuan dan laki-laki di dalam keluargamu! Orang tua membaca teks buku harian yang ditulis siswa. Kemudian bertanya jawab mengenai isi buku harian tersebut.

Kegiatan Bersama Anggota Keluargaku


RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1 
RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo - Kelas/Semester    :    V (lima) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    3. Kerukunan dalam Bermasyarakat/1. Hidup Rukun/1 (satu) - Alokasi Waky


A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Matematika
KD dan Indikator:
1.    3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
a.    Menjelaskan perbandingan
b.    Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
2.    4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
a.    Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
b.    Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
c.    Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD dan Indikator:
1.    3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
a.    Mencari iklan tentang ekspor impor.
b.    Mengamati iklan tentang ekspor impor.
c.    Menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan artinya.
2.    4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
a.    Menjelaskan isi iklan
C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mencari iklan tentang ekspor impor dengan teliti
2.    Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengamati iklan tentang ekspor impor dengan cermat.
3.    Dengan mencermati sebuah iklan, siswa mampu menuliskan kosa kata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya dengan mandiri
4.    Dengan mencermati iklan dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri.
5.    Dengan mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, siswa mampu menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat
6.    Dengan mencermati tabel informasi harga, siswa mampu menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan percaya diri
7.    Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya dengan bertanggung jawab

D.    Materi Pembelajaran
1.    Perbandingan dan skala
2.    Teks paparan iklan

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    buku
b.    teks bacaan tentang ekspor dan impor
c.    isi sebuah iklan
d.    konsep perbandingan

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Kusumawati, H., dkk. 2014. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-    Kusumawati, H., dkk. 2014. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
-    Siapa yang pernah ke pasar?
-    Siapa saja yang ada di pasar?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Apa yang mereka lakukan di pasar?
-    Ya benar menjual dan membeli.
-    Hal itu kalu dilakukan di pasar tradisional, namun jika jual beli itu dilakukan antar Negara, coba siapa yang tahu apa namanya?

Kegiatan Inti (150 menit)
1.    Langkah-Langkah Kegiatan: Mulai kegiatan dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan:
a.    Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar.
b.    Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
c.    Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar. (Kegiatan Mengamati)
2.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang kegiatan ekspor dan impor barang
b.    Sikap teliti dan cermat dalam melakukan pengamatan
c.    Keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan.

3.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam).
b.    Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
c.    Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
d.    Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
e.    Siswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
f.    Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yang tersedia di buku siswa. (kegiatan menanya)
4.    Hasil yang diharapkan:
a.    Keterampilan dalam bertanya
b.    Sikap rasa ingin tahu dan percaya diri dalam bertanya

5.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
b.    Siswa diberi stimulus rasa ingin tahu dengan menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu Negara melakukan kegiatan ekspor dan impor?
c.    Siswa mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
d.    Siswa menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara.
e.    Siswa mengisi tabel di buku siswa.
6.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang manfaat kegiatan ekspor impor
b.    Keterampilan siswa dalam mencari informasi
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari informasi.

7.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa melakukan diskusi tentang bagaimana sebuah barang ditawarkan dan dipasarkan (guru memberi bimbingan dan mengarahkan diskusi ke topik pembicaraan tentang iklan).
b.    Siswa secara mandiri mencari contoh iklan dan menempelkannya pada buku siswa atau buku tugas.
c.    Siswa mengamati contoh iklan tersebut dengan cermat dan menuliskan kosa kata yang mereka temukan dalam iklan tersebut.
d.    Siswa mendiskusikan arti kosa kata dalam iklan yang mereka temukan dan menyajikan hasil diskusinya dalam bentuk tabel.

8.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang iklan.
b.    Pengetahuan siswa tentang kosa kata yang dipakai dalam iklan.
c.    Keterampilan siswa dalam mencari informasi dan berdiskusi.
d.    Sikap kemandirian dan kecermatan siswa dalam mengerjakan tugas.

9.    Langkah-Langkah Kegiatan:
a.    Siswa mencermati dan memahami cara menuliskan perbandingan harga dua telepon genggam yang tertulis pada buku siswa.
b.    Siswa memahami berbagai kemungkinan perbandingan jika diketahui harga dua telepon genggam.

10.    Kegiatan pengembangan:
a.    Bagaimana bentuk perbandingannya jika harga telepon genggam A dan B masing-masing Rp. 2.000.000,00 dan Rp. 2.500.000,00?
b.    Ayo, Lakukan: Siswa menghitung banyak siswa laki-laki dan perempuan di kelasnya, lalu menuliskan perbandingan-perbandingan yang diminta dalam tabel.

11.    Hasil yang diharapkan:
a.    Pengetahuan siswa tentang konsep perbandingan
b.    Keterampilan siswa dalam menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
c.    Sikap teliti dan cermat yang terbentuk ketika membuat perbandingan dan menuliskan hasilnya.
d.    Kemandirian saat menyelesaikan tugas.

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian Pembelajaran
1.    Rubrik Mengamati Gambar. Kompetensi yang dinilai:
a.    Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
b.    Keterampilan siswa dalam mengamati
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Description: RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1


No
Nama Siswa
Aspek
Isi/Pengetahuan
Sikap
Keterampilan
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
 
2.    Rubrik Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Kompetensi yang dinilai:
a.    Pengetahuan siswa tentang konsep perbandingan
b.    Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
c.    Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah.

Description: RPP SD Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Sub Tema 1 Hidup Rukun Pembelajaran 1


No
Nama Siswa
Kriteria
Pengetahuan
Ketelitian
Keterampilan
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
 
Refleksi:
1.    Guru meminta siswa menyebutkan materi pelajaran pada hari itu.
2.    Guru meminta siswa menyebutkan materi hari itu yang kurang dimengerti

PENGAYAAN
1.    Analisalah peryantaan berikut: “Jumlah ekspor suatu negara mempengaruhi jumlah pendapatan negara.”
2.    Amatilah lingkungan sekitarmu. Temukan 3 contoh perbandingan.

REMEDIAL
1.    Apakah yang dimaksud ekspor itu?